
Yogyakarta, 28 Mei 2025 β Pada Wisuda Periode III Tahun Akademik 2024/2025, Program Studi Sarjana Terapan Sistem Informasi Geografis, Departemen Teknologi Kebumian, Sekolah Vokasi UGM meluluskan tiga mahasiswa dengan karya proyek akhir yang mencerminkan kolaborasi antara ilmu geospasial dan teknologi mutakhir, seperti kecerdasan buatan dan pemrograman web interaktif. Ketiganya menawarkan solusi nyata yang relevan dengan kebutuhan industri, pendidikan, dan lingkungan, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).
1. Adinda Dwi Humaira
π± Implementasi Teknologi Deep Learning untuk Monitoring Pertumbuhan Legume Cover Crop (LCC) di Perkebunan Kelapa Sawit Menggunakan Foto Udara (Studi Kasus: Perkebunan PT Mustika Sembuluh I)
Adinda Dwi Humaira merancang sistem monitoring pertumbuhan Legume Cover Crop (LCC) di lahan replanting kelapa sawit menggunakan teknologi deep learning berbasis U-Net. Model ini mampu mendeteksi vegetasi secara otomatis dari citra udara, dengan akurasi F1 Score 83%. Hasil deteksi divisualisasikan melalui dashboard ArcGIS untuk mendukung pengambilan keputusan agronomis yang lebih cepat dan akurat. Solusi ini mendukung penerapan pertanian presisi dan keberlanjutan, terutama pada pengelolaan lahan perkebunan kelapa sawit yang ramah lingkungan β relevan dengan SDG 12 (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab) dan SDG 15 (ekosistem daratan)
2. Shally Larasati Rahman
πΎ Implementasi YOLOv3 untuk Model Deteksi Tanaman Kelapa Sawit Fase Tanaman Belum Menghasilkan Menggunakan Foto Udara (Studi Kasus : PT Mustika Sembuluh 1, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah)
Shally Larasati Rahman mengembangkan model deteksi tanaman kelapa sawit fase Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) menggunakan algoritma YOLOv3. Model ini menunjukkan performa tinggi dengan F1 Score 96,82% dan digunakan sebagai dasar evaluasi berbasis Crown Projection Area (CPA). Penerapan sistem ini memudahkan manajemen kebun dalam memantau kondisi tanaman sejak dini. Dengan visualisasi melalui dashboard ArcGIS Online, sistem ini memperkuat pendekatan data-driven untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi industri perkebunan β mendukung SDG 2 (ketahanan pangan) dan SDG 9 (inovasi industri)
3. Baginda Alfito
πΊοΈ Geonesia: Pemrograman Geospasial Permainan Edukatif berbasis Peta
Baginda Alfito menghadirkan Geonesia, sebuah permainan edukatif berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang mengenalkan keanekaragaman budaya dan wilayah Indonesia melalui media peta digital. Dengan memanfaatkan React JS, Cesium, dan Google Maps Street View API, pemain diajak menebak lokasi berdasarkan petunjuk seperti makanan khas, rumah adat, dan lanskap daerah. Geonesia menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi generasi muda, sekaligus memperkuat literasi spasial dan kebudayaan nasional di era digital β berkontribusi pada SDG 4 (pendidikan berkualitas) dan SDG 11 (kota dan permukiman inklusif dan berkelanjutan)
Ketiga karya ini menunjukkan bahwa mahasiswa SIG SV UGM tidak hanya memahami teori dan teknologi, tetapi juga mampu mengimplementasikannya untuk memberikan solusi nyata dalam sektor pertanian, pemetaan spasial, dan edukasi. Dengan kontribusi ini, para lulusan membuktikan peran penting keilmuan geospasial dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Selamat kepada para lulusan. Terus berkarya dan berinovasi membangun bangsa!
Kontak:
Program Studi Sarjana Terapan Sistem Informasi Geografis
Departemen Teknologi Kebumian
Sekolah Vokasi UGM
Email: str-sig.sv@ugm.ac.id
Telepon: (0274) 551255 ;Β +6285740262040
Website: sig.sv.ugm.ac.id